Animasi adalah urutan frame yang ketika diputar dalam rangka dengan
kecepatan yang cukup, dapat menyajikan gambar bergerak lancar seperti
sebuah film atau video.
Animasi dapat juga diartikan dengan menghidupkan gambar, sehingga
anda perlu mengetahui dengan pasti setiap detail karakter anda, mulai
dari tampak (depan, belakang, ¾ dan samping) detail muka si karakter
dalam berbagai ekspresi (normal, diam, marah, senyum, ketawa, kesal, dan
lainnya.) lalu pose/ gaya khas karakter bila sedang melakukan kegiatan
tertentu yang menjadi ciri khas si karakter tersebut.
Animasi komputer adalah seni menghasilkan gambar
bergerak melalui penggunaan komputer dan merupakan sebagian bidang komputer
grafik dan animasi. Animasi semakin banyak dihasilkan melalui grafik komputer 3D,
walaupun grafik komputer 2D masih banyak ada. Kadangkala sasaran animasi adalah
komputer itu sendiri, kadangkala sasaran adalah antara lain, seperti filem.
Untuk menghasilkan gambar pergerakan, image (gambar) dipaparkan pada screen
komputer dan diganti dengan image (gambar) baru yang selaras gambar sebelumnya
dengan pantas. Teknik ini serupa dengan bagaimana gambar bergerak dihasilkan
melalui televi dan film. Animasi komputer 3D pada asasnya merupakan pengganti
digit bagi seni animasi gerak (stop motion); patung animasi dibina pada screen
komputer dan dipasang dengan rangka siber. Kemudian anggota badan, mata, mulut,
pakaian, dan lain-lain bagi patung 3D digerakkan oleh juru animasi. Akhirnya,
animasi dihasilkan.
A. Animasi 2D
Animasi 2D adalah penciptaan gambar bergerak dalam lingkungan dua
dimensi. Hal ini dilakukan dengan urutan gambar berturut-turut, atau
“frame”, yang mensimulasikan gerak oleh setiap gambar menunjukkan
berikutnya dalam perkembangan bertahap langkah-langkah.
2 tipe dari 2D animation yaitu :
Animasi Cel berasal dari kata “celluloid”, yaitu bahan dasar dalam
pembuatan animasi jenis ini ketika tahun-tahun awal adanya animasi.
Animasi cel merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal,
masing-masing cel merupakan bagian yang terpisah sebagai objek animasi.
misalnya ada tiga buah animasi cel, cel pertama berisi satu animasi
karakter, cel kedua berisi animasi karakter lain, dan cel terakhir
berisi latar animasi. Ketiga animasi cel ini akan disusun berjajar,
sehingga ketika dijalankan animasinya secara bersamaan, terlihat seperti
satu kesatuan. Contoh animasi jenis ini adalah film kartun seperti Tom
and Jerry, Mickey Mouse dan Detectif Conan.
Animasi Path adalah animasi dari objek yang gerakannya mengikuti garis
lintasan yang sudah ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah animasi
kereta api yang bergerak mengikuti lintasan rel. Biasanya dalam animasi
path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga
mencapai kondisi tertentu. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini
didapatkan dengan teknik animasi path, teknik ini menggunakan layer
tersendiri yang didefinisikan sebagai lintasan gerakan objek.
Jenis Animasi 2D :
Animasi 2 dimensi dapat digolongkan berdasarkan teknik/cara pembuatan (Pangestu 16), yaitu :
- Animasi Frame -> Animasi ini mengandalkan perubahan gerak pada setiap frame.
- Animasi Vector -> Animasi ini grafik atau gambar yang
digunakan adalah grafik vektor(gambar yang dihasilkan oleh
komputer).salah satu penghasil animasi vector adalah Macromedia Flash
dan sekarang sudah diambil alih oleh Adobe menjadi Adobe Flash CS3.
- Animasi Blend -> Animasi ini tidak menampilkan gambar pada
frame-frame dalam menggerakkan gambar, melainkan menggunakan
perhitungan matematika.
- Animasi Morphing -> Gerakan dalam animasi ini muncul
akibat perubahan atau transisi dari suatu bentuk ke bentuk yang lain.
Setiap transisi menampilakan suatu urutan frame, dengan demikian hasil
yang didapat adalah pergerakan yang mulus.
- Animasi Karakter Fantasi -> Tehnik ini mampu menampilkan
karakter obyek secara menonjol animasi karakter mengkhususkan diri pada
pembentukan model dan gerakan baik manusia maupun binatang.
Software Pembuatan Animasi 2D
- Adobe Flash (2D)
Flash merupakan salah satu software animasi terbaik untuk membuat
gambar bergerak 2D (2 dimensi) yang dikembangkan oleh Adobe. Flash ini
memiliki banyak fitur, dan bukan hanya fitur melainkan juga tutorial.
Jadi ketika Anda membeli software ini, maka Anda tak perlu takut tidak
bisa menggunakannya, karena diluar sana, baik di Youtube maupun di situs
resmi Adobe, semua tutorial dari dasar penggunaan sampai ke tingkat
lanjut sudah disediakan dan siap untuk didownload.
Untuk kekurangan dari software ini yaitu harganya yang mahal,
karena Adobe Flash Professional CC dibanderol dengan harga $699 dan
untuk kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut :
- Navigasi yang mudah
- Bisa untuk membuat game
- Bisa langsung memasukkan video
- Anime Studio (2D)
Sesuai namanya, software yang satu ini memang dirancang bukan
hanya untuk menggambar namun juga untuk membuat video anime. Untuk harga
Anda bisa sedikit lega, karena tidak semahal Flash Pro, yaitu dengan
harga $49.99.
Salah satu kelebihan software ini adalah kemampuannya untuk
memberikan efek bayangan, dan bahkan Anime Studio v.9.5 (versi terbaru)
sudah terdapat fitur untuk menggambar dengan vector, jadi gambar yang
dihasilkan akan sangat jelas alias tidak pecah-pecah.
Masih banyak fitur lain yang ada di Anime Studio ini, diantaranya adalah :
- Bone Rigging (mampu menggambar animasi di tiap frame)
- FBX Support (untuk mengeskport hasil animsi ke unity (untuk dibuat game)
B. Animasi 3D
Animasi 3D adalah objek animasi yang berada pada ruang 3D. Objek
animasi ini dapat dirotasi dan berpindah seperti objek riil.
Proses pembuatan grafis komputer 3D dapat dibagi secara sekuens menjadi 3 fase dasar:
- Modeling : Proses menyusun bentuk sebuah objek dengan membuat kontur yang luas dan struktur dari objek 3D dan adegan.
- Animation : Mendefinisikan perpindahan objek.
- Rendering : Proses mengeneralisasi sebuah gambar dari sebuah
model dengan memberikan atribut objek seperti warna, tekstur permukaan
dan kadar transparansi dengan menggunakan program komputer.
Jenis Animasi 3D
1. Animasi Boneka (Puppet Animation)
Obyek animasi yang dipakai dalam jenis film animasi ini adalah
boneka dan figur lainnya, merupakan penyederhanaan dari bentuk alam
benda yang ada, terbuat dari bahan-bahan yang mempunyai sifat lentur
(plastik) dan mudah untuk digerakkan sewaktu melakukan pemotretan
bingkai per bingkai, seperti bahan kayu yang mudah ditatah atau diukir,
kain, kertas, lilin, tanah lempung dan lain-lain, untuk dapat
menciptakan karakter yang tidak kaku dan terlalu sederhana.
2. Animasi Model
Obyek animasi 3D dalam jenis film ini berupa macam-macam bentuk
animasi yang bukan boneka dan sejenisnya, seperti bentuk-bentuk
abstark; balok, bola, prisma, piramida, silinder, kerucut dan lain-lain.
Atau bentuk model, percontohan bentuk dari ukuran sebenarnya, seperti
bentuk molekul dalam senyawa kimia, bola bumi.Bentuk obyek animasi
sederhana, penggunaannya pun tidak terlalu rumit dan tidak banyak
membutuhkan gerak, bahan yang dipakai terdiri dari kayu, plastic keras
dan bahan keras lainnya yang sesuai denga sifat karakter materi yang
dimiliki, tetapi tidak berarti bahan lentuk tidak dipakai. Disebut juga
film animasi non-figur, karena keseluruhan cerita tidak membutuhkan
tokoh atau figure lainnya. Jenis film Teknik yang memanfaatkan lembaran
sel merupakan suatu pertimbangan penghematan gambar, dengan memisahkan
bagian dari obyek animasi yang bergerak, dibuat beberapa gambar sesuai
kebutuhan; dan bagian yang tidak bergerak, cukup dibuat sekali saja.
3. Animasi Pixilasi (Pixilation).
Jenis film animasi 3D ini menggunakan figur manusia sebagai
objek animasi. Pixilasi adalah suatu teknik pemotretan di mana manusia
berbuat atau melakukan sesuatu adegan seperti boneka, sama halnya yang
dilakukan dalam film animasi pada umumnya.
Software Pembuatan Animasi 3D
1. AUTODESK AUTOCAD
AutoCAD adalah aplikasi perangkat lunak komersial untuk desain 2D
dan 3D dibantu komputer (CAD) dan penyusunan-tersedia sejak tahun 1982
sebagai aplikasi desktop dan sejak tahun 2010sebagai web-mobile dan
aplikasi berbasis cloud dipasarkan sebagai AutoCAD 360. Dikembangkan dan
dipasarkan oleh Autodesk, Inc., AutoCAD pertama kali dirilis pada bulan
Desember1982, yang berjalan pada mikrokomputer dengan kontroler grafis
internal. Sebelum pengenalan AutoCAD, sebagian besar program CAD
komersial berlari pada komputer mainframe atau mini computer, dengan
masing-masing operator CAD (pengguna) bekerja di sebuah terminal grafis
terpisah. AutoCAD digunakan di berbagai industri, oleh arsitek, manajer
proyek, insinyur, desainer grafis, dan profesional lainnya. Hal ini
didukung oleh750pusat pelatihandi seluruh dunia padatahun 1994.
Sebagai produk andalan Autodesk, dengan Maret 1986 AutoCAD telah menjadi program CAD paling mana-mana di seluruh dunia
Kelebihan Autodesk Autocad :
- Gambar yang dihasilkan dengan AutoCad mempunyai kualitas yang lebih bagus dan lebih rapi
- Bidang gambar yang terdapat pada AutoCad tidak terbatas sehingga memungkinkan membuat desain yang ukurannya luas dan kompleks.
- Hasil penyimpanan file gambar pada AutoCad dapat dibuka dengan software lain
Kelemahan Autodesk Autocad :
- PC yag dimiliki harus mempunyai spesifikasi yang besar
- Software berbayar
- Strukur file hasil penggambaran, definisi database dari software tersebut sangatlah rumit
- Untuk menggunakan software yang satu ini tidak mudah dan butuh pelatihan untuk mempelajarinya
2. SKETCHUP
SketchUp adalah sebuah perangkat lunak desain grafis yang
dikembangkan oleh Trimble. Pendesain grafis ini dapat digunakan untuk
membuat berbagai jenis model, dan model yang dibuat dapat diletakkan di
Google Earth atau dipamerkan di 3D Warehouse. SketchUp dikembangkan pada
tahun 1999 oleh Brad Schell dan Joe Esch.
SketchUp pertama kali dirilis pada bulan Agustus 2000 sebagai
alat konten 3D tujuan penciptaan umum, dengan “3D untuk Semua Orang”
tagline dan merumuskan sebuah program perangkat lunak “yang akan
memungkinkan para profesional desain untuk menggambar apa yang mereka
ingin, pikirkan sesuai cara dan kebebasan dengan sebuah pena yang akan
menyenangkan untuk digunakan.. Ia juga memiliki user friendly tombol
untuk membuatnya lebih mudah untuk digunakan.
Kelebihan SketchUp :
- Interface yang sangat menarik dan simple
- Mudah di gunakan oleh semua orang bahkan untuk pemula sekalipun.
- Tools yang digunakan di dalamnya sangat ramah, sering di jumpai dan mudah untuk di ingat.
- Banyak open source dan plugin yang mendukung kinerja dari Sketchup
- Aplikasi 3D yang sangat ringan untuk komputer berbasis standard
- Terdapat fitur import file ke ekstensi seperti 3ds, dwg, pdf, jgp, dll
- Dapat dengan mudah mendapatkan fitur-fitur yang sudah ada di
dalamnya dengan melalui 3D Warehouse, bahkan untuk mengunggah hasilnya
ke 3D warehouse.
Kelemahan SketchUp :
- Susah dalam pemodelan tingkat lanjut meskipun memakai plugin sekalipun
- Terjadi Crash apabila terdapat banyak permukaan patch dan vertex (
terjadi apabila mengimpor model tingkat lanjut misal model manusia dari
3ds max ke Sketchup)
3. AUTODESK 3DS MAX
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah
sebuah perangkat lunak 3dDvektor dan animasi, ditulis oleh Autodesk
Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix.
Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS,
tetapi untuk platform Win 32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi
terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005
adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir
tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.
Kelebihan Autodesk 3DS Max :
- Mampu membuat objek Virtual secara 3 dimensi. dan bentuk dapat diubah sesuai keinginan.
- Mampu memberikan kesan material mendekati aslinya seperti material kayu, batuan, dan tanah.
- Mampu memberikan efek-efek khusus pada hasil akhir produk seperti
efek cahaya dan bayangan, efek atmosfir seperti api, kabut dan lighting.
- Dapat menjalankan proses animasi, gambar dapat digerakan dan dirubah bentuknya serta diatur proses animasinya.
Kelemahan Autodesk 3DS Max :
- 3D Studio max mungkin bagus untuk pemula dan dapat membuat karakter
efisien dan cepat, tetapi memiliki beberapa kelemahan bahwa harus
dipertimbangkan. Dibandingkan dengan Maya 3D, kemampuan untuk membuat
karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih lama
dan lebih membosankan. Membuat lanskap juga dapat sedikit karena sulit
untuk kamera. Kamera memiliki kecenderungan untuk memperbesar dan keluar
dengan cara kereta jika benda-benda besar diimpor atas benda kecil
dalam program ini.
4.
BLENDER 3D
Blender merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya
software yang dapat di gunakan di berbagai macam OS (Operating System).
Ini digunakan untuk dikembangkan secara komersial, tetapi sekarang
dirilis di bawah GPL (GNU General Public License).
Kelebihan Blender 3D
- Tidak membutuhkan ruang kapastias yang banyak
- Software Open Source, jadi dapat dijalankan di operating sistem Linux
- Tidak berat saat melakukan render
- Dan mudah untuk digunakan
Kelemahan Blender 3D
- Tool yang dimiliki tidak lengkap seperti 3D Max
- Tampilan cukup berantakan
- Semua proses dilakukan dengan manual
referensi:
http://library.smknubalikpapan.sch.id/pengertian-animasi-2d-dan-animasi-3d/
http://www.animasi.tk/2015/11/animasi-2-dimensi-pengertian-animasi.html
http://dmaz091292.blogspot.co.id/2012/11/sejarah-pengertian-dan-kegunaan-dari.html
http://www.blogsejutaumat.com/2015/04/kelebihan-dan-kekurangan-blender-3d-max-autocad.html
https://madediadnyana.wordpress.com/2015/09/14/tugas-komputer-arsitektur-kelebihan-dan-kelemahan-software-2d-dan-3d/
http://duniainternet.net/7-software-untuk-membuat-animasi-terbaik.html
http://library.smknubalikpapan.sch.id/pengertian-animasi-2d-dan-animasi-3d/